Sabtu, 10 Agustus 2013

Kenapa Bahasa Jerman? Kenapa??


Beberapa hari yang lalu gue iseng-iseng chatting di omegle.com. Itu loh, forum chatting yang memungkinkan kita ngobrol sama orang asing di berbagai penjuru dunia dengan sebutan stranger. Untuk meminimalisir orang-orang horny gak ada kerjaan yang banyak bertebaran di omegle, gue setting interest gue dengan kata “Indonesian”.  Dengan gitu gue bakal dapet lawan chatting yang interestnya “Indonesian” juga.  Ingin hati dapetin temen chatting bule yang jatuh cinta sama budaya Indonesia, eh gak tau nya dapet nya orang Indonesia juga. Karena dia bilang rumahnya di Bandung jadi aja ngomongnya bahasa sundaan.hehehehe… karena pas ngobrol di Omegle keliatannya orangnya “real”, akhirnya gue ngajak dia chatting di skype. Kita ngobrol ngalor-ngidul, terus dia nanya kerjaan gue apa. Dengan pedenya gue jawab guru bahasa Jerman (hahaha.. padahal baru PPL doang, itu juga taun kemaren :p). Kuliah jurusan apa? Ya jurusan bahasa Jerman lah… Kenapa ngambil bahasa Jerman? Pertanyaan ini gak gue jawab. Sampe dia nanya dua kali baru gue bilang, “Mmh.. suka aja” (asli, yang ini boong banget). Abis gue males kan ngejelasin kenapa gue nyemplung di bahasa Jerman. Paling-paling orang kalo gue ceritain cuma ngangguk-ngangguk doang. Ehh, tau-tau dia ngetik ,,Versucht mal mit mir Deutsch zu sprechen” (coba ngomong bahasa Jerman sama gue-red). Wah, anak bahasa Jerman juga nih, kata gue dalem ati. Ihh, bisa bahasa Jerman juga lu? ,,Wenn du die Antwort moechten weiss, du muss mich in Skype anrufen. ” (kalo lo mau tau jawabannya, lo harus telpon gue di skype). Dan karena terus-terusan gue jawab pake bahasa Indonesia, kayaknya dia rada curiga gue boong. Padahal gue lagi ngeloading, maklum selain gak pinter-pinter banget mata kuliah sprechen (speaking) dan udah lama juga bahasa Jerman gue gak kepake.  Pas gue tanya dia anak (jurusan) bahasa Jerman juga apa bukan. Dia bilang bukan. Pas gue tanya kuliah dimana dia bilang dia kuliah di Jerman…Oalaaahh bilang dong dari awal, ga usah peke ngetes dulu. :p

Eh, dia nanyain lagi alasan gue kuliah bahasa Jerman. Kayaknya dia belom puas sama jawaban gue yang tadi. Nih orang kepo juga deh. Hahaha.  Akhirnya gue bilang “lo mau jawaban boong apa jujur tapi ribet?”. Karena dia jawab mending jujur, gak papa ribet juga, terlemparlah ingatan gue ke masa-masa SMA. Waktu gue mutusin bakal kuliah Bahasa Jerman di Universitas Pendidikan Indonesia alias UPI, beragam reaksi dari yang positif sampe negatif banyak gue terima dari orang-orang di sekeliling gue.  Rata-rata pas ngobrol atau ketemu mereka nanya alesan gue ngambil bahasa Jerman, “Kenapa kok bahasa Jerman?” “Emang kamu suka bahasa Jerman ya?” atau pertanyaan semacam “Kenapa kok gak bahasa Inggris aja?”. Sampai pertanyaan dengn muka sinis seperti : “Bahasa Jerman? Mau kerja jadi apa?” “Gak susah tuh nyari kerjanya kalo kuliah bahasa Jerman?” *bacalah sambil mengerutkan alis*. Biasanya gue cuma senyum-senyum dan jawab singkat diberondong pertanyaan-pertanyaan kayak gitu. Males gila kalo harus jelasin dari A sampe Z alesan gue ke setiap orang yang nanya!

Yaa, sebenernya sih waktu gue SMA gak ada niatan atau kepikiran sama sekali ngambil bahasa Jerman pas kuliah. Karena itu waktu ditawarin ikut PMDK dari UPI dan IPB gue bigung setengah mati nentuin jurusan. Gue tanya Ayah sama Mama gue, mereka bilang terserah gue aja. Kan gue yang bakal ngejalaninnya. Akhirnya gue niat mau shalat istikarah rutin selama seminggu, minta petunjuk sama Allah jurusan apa yang paling tepat buat gue. Gue sendiri sebenernya tertarik sama jurusan psikologi, tapi kaya yang gue bilang tadi, gue bingung dan gak ada bayangan sama sekali. Labil banget dah gue waktu SMA! Setelah tiga malam gue shalat istikarah, gue mimpi ada di sebuah ruang kelas. Terus ada orang dateng dan ngomong "Ki, lo kan anak bahasa Inggris.. bantuin gue bikin tugas bahasa Inggris dong!". Selesai. Tapi terus nyambung scene kedua. Gue mimpi lg duduk gitu, terus didepan mata gue ada tulisan "Deutschland" (Negara Jerman) dengan background putih. Gue nganggep mimpi itu adalah petunjuk dari shalat istikarah gue, yaitu antara bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Kenapa bahasa Jerman, kan mimpinya liat tulisan Deutschland (negara jerman)? Iya, gue liatnya tulisan Deutschland, tapi kan bahasa jerman itu Deutsch. Kata Deutsch ada di dalam kata Deutschland. Jadilah  gue berniat ngambil jurusan bahasa Inggris atau bahasa Jerman di UPI. Tapi karena masuk jurusan Bahasa Inggris butuh tes TOEFL, gak mungkin gue pilih bahasa Inggris karena gue belom punya sartifikat TOEFL. Secara saat itu batas waktu ikut pendaftaran PMDK tinggal 5 hari lagi. Sampe H-1 pendaftaran semua berkas untuk daftar PMDK gue udah lengkap, tinggal jurusannya aja yang belom gue contreng. Kalo bahasa Inggris mungkin pilihan yang mudah buat gue karena gue emang suka bahasa Inggris dari SMP. Tapi bahasa Jerman? Ohh nooooo... gue pernah belajar bahasa Jerman 1 smester doang di kelas 2 SMA. Itu juga gurunya jarang masuk, sekalinya masuk, pelajarannya yang gak masuk ke otak gue. Jadilah bahasa Jerman hasil belajar satu smester cuma berkisar di antara ,,Ich liebe dich" sama ,,Guten Morgen" doang. Hahahaha

Akhirnya di detik-detik terakhir dokumen gue dikirim, jurusan Bahasa Jerman lah yang gue contreng.Tadinya udah tergoda untuk nyontreng jurusan yang berhubungan sama psikologi-psikologi gitu. Tapi gue yakinin diri gue lagi kalo petunjuk yang Allah kasih adalah yang terbaik buat gue. Kalo gue nurut, gue yakin Allah akan 'ikut bertanggung jawab' sama pilihan yang Dia kasih ke gue dan gue bisa sukses melalui jalan yang dipilihin Allah ini. Terbukti gue tembus PMDK dan gak palu ribet-ribet nyari kampus lagi. Bahkan sebelum pengumuman kelulusan SMA gue keluar, gue udah diterima secara resmi di UPI. Saat ini mimpi terbesar gue adalah pergi ke nagara yang bahasanya gue pelajari bertahun-tahun (lulus dulu woy- Emak gue motong. hahaha). Gue gak akan berhenti bermimpi dan berusaha, hingga suatu hari nanti gue akan menjejakan kaki di negara yang namanya gue lihat dengan jelas di mimpi gue. Dan meneruskan mimpi gue dalam keadaan terjaga seutuhnya. Di negeri yang Allah tunjuk untuk gue.Ya, DEUTSCHLAND.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar