Selasa, 03 September 2013

Cewek Secure VS Cewek Insecure



Sebagian dari lo mungkin udah ngerti apa yang gue maksud dengan cewek secure dan cewek insecure. Sebagian lagi mungkin bertanya-tanya apaan sih maksudnya secure dan insecure di judul artikel gue kali ini. Oke deh, biar persepsi kita sama nih gue jabarin dikit maksud cewek secure dan insecure. Cewek secure adalah cewek yang nyaman sama dirinya sendiri APA ADANYA, percaya diri dan cerdas secara emosional. Sedangkan cewek insecure ya kebalikannya, mereka nggak pede sama kekurangan-kekurangan mereka karena mereka belom bisa  memaksimalkan potensi sebenernya yang ada di diri mereka. Banyak banget kasus insecure di sekitar kita, bahkan mungkin kita sendiri (termasuk gue) pernah ngalaminnya. Tapi kadar ke-insecure-an cewek juga beda-beda, dari yang ringan-ringan sampe yang stadium lanjut dan butuh pertolongan  psikolog atau bahkan psikiater. Sayangnya banyak juga cewek yang nggak nyadar kalo sebenernya mereka insecure. Makin bingung yah? Then, gue bakal jabarin per kasus nih. Keep reading girls! 

1.       Perihal Penampilan dan Barang Bawaan

Semua baju dan aksesoris yang nempel di badan kudu mahal dan kudu branded, gadget harus tercanggih, mobil atau motor pengennya yang mewah... Kalo nggak mahal, gak canggih dan gak branded ngerasa nggak pede dan pasaran turun. Begitu juga ngeliat orang yang penampilannya biasa aja, langsung underestimate dan nganggep orang itu gak selevel sama dia. Hal ini bukan berarti lo gak boleh beli baju, aksesoris, gadget atau barang-barang laen yang mahal dan branded ya, kalo lo beli barang-barang itu dengan alasan kualitasnya lebih terjamin dan tahan lama it’s okay. Sangat, sangat oke… berarti lo juga mikirin masa depan. Atau karena lo emang beli barang-barang itu karena lo suka modelnya, itu berarti lo beli buat diri lo sendiri bukan buat bikin orang laen terkesan. Tapi kalo lo ‘butuh’ barang-barang mahal, canggih dan branded itu cuma biar bisa keliatan keren berarti lo gak keren-keren banget. Kenapa? Karena tanpa barang-barang itu lo bakal gak pede sama diri lo sendiri.

Apa kerennya orang yang gak pede sama dirinya sendiri dan cuma ngerasa bangga sama apa yang dia pake atau yang dia bawa? Nothing, honey!

Emang keliatan ya orang yang beli dan pake sesuatu yang mahal dan branded untuk kenyamanannya sendiri atau yang untuk gegayaan doang? Jangan buruk sangka ah! Kalo menurut gue sih, sedikit banyak keliatan dari attitude lo sehari-hari dan dari attitude lo di jejaring sosial. Hey, Facebook, Twitter, Path, Instagram, Tumblr  dan teman-temannya itu kadang jadi cerminan diri lo yang sebenernya loh. They tell everything about u! Tapi tetep, yang tau pasti niat dan perasaan lo adalah diri lo sendiri. Makanya rajin-rajin introspeksi dan kenali motif diri lo sendiri. Jangan sampe karena ke-insecur-an lo mengenai penampilan dan barang bawaan ini mempengaruhi pandangan orang laen terhadap lo. Kok bisa mempengaruhi pandangan orang laen, pegimane ceritanye? Yaelah masi nanya.  Ke-insecure-an lo lah yang bakal ngedorong lo buat PAMER barang-barang mahal, cangih dan branded itu. Kalo lo beli semua itu bukan karena lo ngerasa insecure, lo gak bakal nyari ‘pengakuan’ dari orang-orang di sekitar lo melalui barang-barang itu. Lo gak bakal bikin orang laen mikir kalo lo ngomong “Gue punya ini loh, keren kan gue… Lo gak punya ya? Ciyaaannn…” di dalem hati. Get it?

2.       Perihal Diri Sendiri

Ngerasa nggak pede sama badan yang terlalu gendut, bete mampus sama idung yang melesek ke dalem alias pesek, pengen toket segede semangka ampe dipompa-pompa atau operasi plastik, mati-matian mutihin kulit tanpa peduli cara yang ditempuh aman atau ngga… mungkin itu adalah sejumlah kasus insecure yang paling banyak dialamin sama cewek Indonesia. Termasuk gue. Yes, gue pernah ngerasa insecure karena berat badan gue sempet naek 7 kilo saking kalapnya wisata kuliner mulu di Bandung. Berat badan normal gue yang biasanya antara 43-45 kg dalam waktu 1 taun naek jadi 52 kg dan itu wow banget. Gue gak nyadar tuh pas berat gue naek secara perlahan. Pas temen-temen dan keluarga gue ngomong dan sering ngeledekin gue, baru deh gue nyadar kalo gue jadi gendut. Karena panik dan gak pede, gue langsung beli teh pelangsing. Gak puas sama hasilnya dan gak kuat sama reaksinya (pipis-pipis mulu coy) akhirnya gue ganti minum susu buat diet. Udah mahal, isinya dikit, ehh kagak mempan juga.

Akhirnya gue ikut fitness. Saat ikut fitness itu lah gue nyadar kalo diet yang gue jalanin selama ini salah dan gak sehat banget. Terlebih lagi gue sadar sebenernya gue   ngerasa insecure, karena gue sangat gak pede dan mencemaskan kata-kata orang lain tentang fisik gue. Sekarang gue lebih nyantai dengan berat badan gue yang kadang naek, kadang turun. Masa bodo orang mau bilang apa, mau suka apa ngga. It’s me, my self, my body! I really don’t care what they say! Banyak yang bilang terlalu gendut atau terlalu kurus itu gak cantik. Menurut gue lo harus bahagia dan menerima diri lo apa adanya untuk jadi cantik.

Dengan kebahagiaan dan rasa percaya diri yang terpancar, kecantikan lo akan keluar, GAK PEDULI BERAPAPUN BERAT BADAN LO.

Sejak kejadian itu gue mikir, emang ya, penampilan itu sangat sangat mempengaruhi tingkat kepedean kita sebagai cewek. Sampe-sampe kita rela ngelakuin apa aja untuk terlihat cantik dan sempurna. Sedot lemak, suntik botox, plastic surgery, bikini waxing atau yang kayak gue lakuin, dengan olahraga mati-matian. Sebenernya sih gak ada yang salah untuk pengen terlihat cantik dan sempurna. Siapa sih yang gak mau punya muka dan body kayak Angelina Jolie? Uughh.. pasti kaga ada yang nolak kalo dilahirin secantik dia. Tapi gini ya, Tuhan udah kasih pinjem muka dan badan ini buat lo, gratis, tugas lo itu cuma ngejaga dan bukan ngerubahnya. Kalo lo gak mancung, ya terima aja. Mungkin suatu saat akan ada yang jatuh cinta sama idung lo yang mungil atau malah lo jadi tenar kayak Sule. Kalo kulit lo sama kayak gue, hitam-manis-eksotis, gak perlu minder dan ribet-ribet berendem pake beklin, karena orang-orang bule di luar sana kepengen banget kulit yang kayak gitu. Intinya, Tuhan ngebentuk lo begitu rupa pasti ada maksud dan hikmah di baliknya.

Keep positive darl! Dan inget, abaikan mereka yang suka nyela dan ngehina fisik lo. Karena hinaan terhadap fisik, kepada musuh sekali pun, adalah hinaan yang rendah dan untuk IQ rendahan pula!

Oh iya, gue sering ngeliat fenomena ABG labil yang dandan abis, terus foto dengan pose se-eksis mungkin yang ngeupload fotonya di jejaring sosial disertai dengan kata-kata, “gue jelek ya? u,u “ Kaga abis pikir deh gue sama mereka yang kayak gitu, padahal masih pada muda. It’s so insecure you know?! Lah kok insecure? Iya lah, karena mereka pasti berharap sahabat-sahabat mereka, temen-temen mereka, ‘fans-fans’ mereka, komenin tu foto dan bilang “enggak kok, lo cantik banget honey”. Itu berarti mereka butuh banget pengakuan dari orang lain. Gak ada rasa percaya diri yang dateng dari penghargaan terhadap dirinya sendiri.

Kalo lo ngehargain diri lo sendiri, sebagai seorang manusia utuh yang punya kelebihan dan kekurangan, lo gak akan kayak gitu. Karena lo akan bersyukur, bangga dan bahagia menjadi diri lo apa adanya, tanpa-harus-cari-pengakuan-kemana-mana. J


3.       Perihal Pacar atau Suami

Pasangannya nge-like foto cewek laen di pesbuk dia marah-marah, pasangannya bbm-an sama cewek laen dia manyun seharian, pasangannya futsal sama temen-temennya di cek mulu, pasangannya nongkrong sama temen-temennya di telpon-telpon mulu, pasangannya maen sama temen-temen cewek nya ngambek tiga hari, pasangannya tuker-tukeran kabar sama mantan nangis-nangis, nuduh si pasangan gak cinta lagi sama dia… belom lagi segala kecurigaan dan ke-overprotective-an yang jadi makanan sehari-hari si laki-laki malang itu… Capeee deh, rempong banget idupnya! Elo gitu? Nggak kan?! Jangan ampe deh jadi cewek insecure di depan pasangan lo sendiri.

It will make him thoughts he’s a king! (dan lo gak akan jadi ratunya, tapi jadi budaknya atau jadi nenek sihir jahat di matanya).

 Yes, kemungkinan pertama lo akan jadi ‘budak’nya, dia bakal dengan mudahnya ngontrol lo dan meminta lo berbuat sesuatu semaunya karena dia tau lo bakal ngelakuin apa aja untuk membuat dia bersikap manis sama lo.  Kalo lo ga nurut, dia akan kembali menjadi ‘anak nakal’. Itu lah senjatanya, ke-insecure-an lo. Atau kemungkinan kedua dia akan bersikap seolah-olah dia ‘nurut’ sama lo karena males sama reaksi lo yang menurut dia annoying itu (tapi jangan harap dia ‘nurut’ juga di belakang lo). Sikap lo yang kayak gitu buanyaaakkk banget ruginya buat hubungan lo sama dia. Why oh why? Karena, pertama, dia gak akan jadi cowok jujur. Dia akan selalu bersikap nice di depan lo, tapi dalam hati dan dalam keadaan di luar jangkauan lo, ya, banyak-banyak doa aja, Non! Kedua, dia akan melakukan hal yang sama ke lo. OVERPROTECTIVE. Gak asik banget kan kalo idup lo diatur-atur sama pacar, gak punya dunia lo sendiri, apa lagi sampe kehilangan temen-temen karena gak dibolehin gaul sama mereka. HIH!

Semua itu bikin hubungan lo sama pasangan lo nggak sehat karena gak ada TRUST dan RESPECTnya. Kalopun dia nggak macem-macem, itu bukan karena dia respect sama lo, tapi karena takut atau males sama reaksi lo yang lebay. Think girls,think!

Tapi kalo ada cewek yang genit sama pasangan gue gimana? Masa gue gak boleh ngelarang-larang dia deket sama cewek itu? Kucing kalo di kasih ikan asin gak bakal nolak kali! Nah itu dia, berarti pasangan lo itu KUCING. Tinggalin aja yang kaya gitu mah. Hampir gak ada yang bisa berubah laki-laki kucing kayak gitu. Kalo pasangan lo bukan semacam laki-laki kucing, dia bakal bersikap seperti REAL GENTLEMAN. Sedoyan-doyannya dia sama ikan asin, dia gak bakal mau makan tu ikan asin karena dia tau dan sangat sadar itu bakal nyakitin lo. Dia gak makan ntu ikan asin bukan karena dia gak doyan, tapi karena dia menghargai hubungan kalian dan elo sebagai pasangannya. Lagian, tuh cewek kan cuma sepotong ikan asin… gak usah takut kalah saing lagi! Be nice aja sama si ikan asin, gak perlu lo jutek-jutekin atau pake acara labrak-melabrak segala. Karena itu akan membuat dia ngerasa menang dari lo. Lalu bilang sama pasangan lo kalo dia bebas bergaul sama siapapun dan lo percaya dia seorang yang bisa ngejaga kepercayaan.

Dengan gitu, dijamin dia bakal makin nyaman sama lo dan berpikir “PEREMPUAN YANG SATU INI BEDA, GUE GAK MAU KEHILANGAN DIA CUMA KARENA IKAN ASIN DOANG. GUE HARUS JAGA DIA BAIK-BAIK.”

Saiiiikkkkkk…..

Jadi gimana, lo termasuk yang golongan cewek secure atau insecure? Pernah gak sih lo ngadepin cewek insecure (yang ini cowok juga boleh jawab :p). Atau mungkin lo punya pengalaman insecure kayak gue? Ceritain pengalaman atau rahasia lo pade tentang cewek-cewek dari dua golongan ini dong!! Buka sikit joss… boleh kali! :p


Cheers!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar