Sabtu, 17 Agustus 2013

One Step Closer... Bikin Paspor

Fuihhhh.. akhirnya paspor gue jadi juga. Eh, lebay banget deh gue pake “fuiihhh” segala. Padahal mah bikin paspor ga seribet yang gue bayangin.  Sebelom bikin paspor gue googling dulu tentang apa aja yang harus gue persiapin dan gimana aja prosesinya. Biar pas di kantor imigrasi gue gak cengo-cengo banget dan udah tau apa yang harus gue lakuin. Malemnya, gue blog walking dan bikin catetan-catetan kecil. Nih dia persyaratan bikin paspor:
1.       Fotocopy KTP di kertas A4 (diperbesar, jangan digunting)
2.       Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
3.       Fotocopy Akte Lahir/Ijazah
4.       Fotocopy surat nikah di kertas A4 (jangan digunting)
5.       Materai yang 6000
Semuanya masing-masing fotocopy selembar aja.  Dan simpen di satu map. Satu map lagi isi sama dokumen-dokumen aslinya. Dokumen aslinya wajib dibawa loh, tapi pisahin sama yang fotocopy biar gak ribet pas verifikasi data.
Gue bikin paspor di kantor imigrasi (kanim) III kota Bekasi. Sengaja gue berangkat pagi-pagi dari rumah karena hasil browsing gue semua mengatakan “jam 7 aja kanim ramenya udah kayak pasar, ngantrinya panjang banget padahal kanimnya belom buka”. Tapi pas gue nyampe sono jam setengah 8… eng ing engggg, masi kosong melompong. Untung gue udah nge-mention official twitter kanim Bekasi (@kanim_bekasi) sebelomnya, jadi tau kalo hari itu kanim belom mulai libur cuti bersama lebaran. Kalo engga, pulang lagi kali gue ngeliat gak ada keramaian kayak yang gue baca di blog-blog orang gitu.
Jam 8 kanimnya buka, pengunjungnya tetep aja dikit, yang barengan gue ngantrinya cuma 6 orang. Mungkin karena hari itu udah mendekati hari H lebaran kali ya, jadi udah banyak orang yang mudik. Pas kanimnya buka gue langsung dikasih formulir yang harus gue isi. Abis ngisi formulir, ngambil nomer antrian buat verifikasi data. Pas verifikasi data, semua dokumen fotocopy-an dan formulir yang udah diisi dan ditandatanganin pake materai dikumpulin lalu dimasukin ke map khusus sama petugasnya. Dokumen asli kita juga di cek di bagian ini. Gue dikasih ‘tanda terima’ gitu yang didalemnya tertera tanggal kapan gue harus lagi ke kanim buat foto dan wawancara. Abis itu udah deh selesai dan gue pulang. Gak nyampe setengah jam prosesnya. Cepet banget kan?! Lucky banget ya gue. Hohoho. Oh iya, tapi kalo lo udah daftar secara online sih abis verifikasi data, lo bisa langsung bayar biaya pembuatan paspor di loket 2, terus foto dan wawancara di loket 3. Itu dia enaknya daftar online, lo ke kanim cukup dua kali ; verifikasi data (bawa dokumen asli, dokumen fotocopy nya di scan dulu terus upload pas daftar online) dan kunjungan kedua langsung pengambilan paspor.

Sebelas hari kemudian baru gue balik lagi ke kanim buat foto dan wawancara. Normalnya sih 3 hari udah dijadwalin balik lagi. Tapi karena libur cuti bersama plus libur lebaran jadi molor deh jadwal foto dan wawancara gue. Gue nyampe kanim jam 8 dan akhirnya gue ngeliat fenomena ‘kantor imigrasi kayak pasar itu” . Asli penuh banget! Tapi untungnya yang penuh banget itu di bagian verifikasi data aja. Loket 2 dan 3 masih normal lah antrinya. Gue langsung ke costumer service dan ngeliatin ‘tanda terima’ gue untuk dituker sama nomor antrian loket 2. Ada kali 30 menitan gue nunggu nomor gue dipanggil untuk menuju loket 2 buat bayar pembuatan paspor. Satu paspornya Rp. 255.000, sama aja bikin baru atau perpanjang bayarnya segitu.

Abis dari loket 2 gue nunggu lagi dipanggil menuju loket 3 buat foto dan wawancara. Gak terlalu lama nunggu, gue dipanggil ke loket 3. Langsung deh gue difoto buat paspor. Mamaaaaa… lusuh banget hasil foto gue! Gara-gara menjelang subuh baru gue bisa tidur dan itu juga cuma 2 jam, paginya gue gerabak-gerubuk sendiri, cuci muka gosok gigi-gak pake mandi. Bayangkanlah gimana kucelnya gue saat itu men! Hiks. Udah gitu ya, petugas fotonya seksong banget cyin. Laki banget! Enigmatik abis lagi... huaaa, melting deh gue! Apalagi waktu dia megangin jari-jari gue pas cap sidik jari, grogi abis gue. Nyesel banget gue ke kanim kagak mandi, kaga make up-an dan dengan mata sembab hasil begadang. Eh tapi lo jangan bayangin si petugas foto ini tipe-tipe cowok ganteng kayak artis sinetron ya. Karena sesungguhnya tipe cowok menarik versi gue gak sama kayak kebanyakan cewek-cewek. Gue ngeliatnya dari aura yang dipancarkan. Banyak kok cowok ganteng, tapi auranya gak keluar. Jatohnya biasa aja deh gue liatnya.

Abis foto dan cap sidik jari sama si enigmatik, terus waktunya gue untuk wawancara. Pewawancara gue juga masih muda, ramah lagi. Gue cuma ditanyain paspornya buat apa? Tadinya ge mau jawab buat bungkus nasi uduk, tapi takutnya tu paspor kaga keluar. So, gue jawab "buat jalan-jalan aja, Mas". Jalan-jalan kemana? "Ke Singapur". (Psst, yang ini jawaban 'diplomatis' biar gak ditanya panjang lebar).  Sama siapa? "sama temen-temen aja" (dalem hati diterusin.."Kenapa? Mas mau ikut?". hahahaha). Temen-temen mana? "Temen kuliah". Oh masih kuliah ya.. Dimana? Jurusan apa? "Di UPI, jurusan bahasa Jerman." Gak mau jalan-jalan ke Jerman? Yang ini gak gue jawab, cengar-cengir aja. Menurut lo gue serius gitu mau ke Singapur? :p ...Boleh liat akte kelahiran, kartu keluarga sama KTP nya? Nah ini penting! Jangan lupa bawa semua dokumen asli kayak di waktu verifikasi data karena bakal di cek waktu wawancara juga. Setelah ngeliat dokumen asli dan nyocokin data di kompinya, proses wawancara selesai. Dan gue disuruh balik lagi buat ngambil paspor dengan bawa kuitansi pembayaran.

Pengambilan paspor di kanim Bekasi waktunya dari jam 13.30-15.30. Gue nyampe kanim jam setengah 3, terus langsung menuju loket 1. Kuitansinya gue kasih ke petugas loket 1 dan gak lama kemudian nama gue dipanggil. Sebenernya gampang banget kan bikin paspor itu. Apalagi kita udah tau step-stepnya. Makanya gue bingung masi banyak aja yang ngegunain jasa calo buat bikin paspor sampe berjuta-juta. Sayang banget kan duitnya. Mendingan duit buat bayar calonya dipake buat beli es cendol. Bisa ngobak dah lu di dalem es cendol. Adeeemmmm...

Cheers dulu ah! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar