Selasa, 27 Agustus 2013

We Are Forever Young




Sahabat… Apa yang ada di benak lo saat lo denger kata itu? Mungkin otomatis lo bakal teringat sama seseorang yang selalu mengisi hari-hari lo, mungkin lo langsung senyum-senyum sendiri inget momen-momen konyol yang pernah lo lewatin bareng orang-orang yang selalu ngehibur lo saat lo sedih, atau mungkin kepala lo langsung menayangkan slide-slide kebersamaan lo bersama mereka yang kenal lo luar dalem. Tapi kalo lo tanya pertanyaan itu ke gue, mungkin gue gak akan bereaksi apa-apa. Kenapa? Karena pikiran gue terlalu sibuk mencari deskripsi mereka dalam hidup gue. Ya, mereka susah dideskripsikan. Karena mereka adalah rasa. Rasa yang gue kecap oleh seluruh panca indra gue.  Manis, pahit, asem, asin, kecut, amis (wait, amis?? Ya itu kalo kita makan nasi padang sebungkus berdua) semua ngeblend jadi satu bareng mereka. Tapi apapun rasanya, minumnya tetap teh pucuk..pucuk..pucuk! Bosen teh botol sosro mulu. Eh enggak deng, apapun rasa yang gue kecap bareng sahabat-sahabat gue intinya cuma satu: seru!

Gue punya sahabat-sahabat dari SMP yang masih awet sampe sekarang. Itu berarti kita sahabatan udah hampir 11 tahun. Kebayang dong setua apa gue dan mereka sekarang? Hahaha. Gue lupa sih gimana awalnya kita sahabatan dan akhirnya nge-gank. Pokoknya sejak kelas VIII SMP itu gue dan sahabat-sahabat gue yang notebene masih ABG labil nan imut-imut mencari jati diri dan pengakuan dari lingkungan dengan bikin gank. Terdiri dari lima orang cewek kece yang centil-centil, gank kita itu kita kasih nama Red-A. Nama Red-A itu sendiri dari singkatan nama-nama kita Rizki (gue), Rima, Henny, Desi dan Arinda. Agak maksa sih ya karena huruf ‘e’ yang ada di Red-A diambil dari huruf kedua nama Henny, tapi gak papa deh yang penting eksis. Gank gue ini terkenal loh seantero sekolah karena kekompakannya. Gimana gak kompak coba kalo istirahat rame-rame, ke kamar mandi rame-rame, pacaran rame-rame, pulang sekolah rame-rame, cabut pas jam pelajaran kosong ke kantin Pak Odong rame-rame, sampe masuk kantor BK pun rame-rame. Huahahahahaha

Masuk kantor BK? Iyaa, ciyusan deh gue. Kenapa, gak percaya? Sebenernya gue juga heran sih kenapa gank kita suka keluar masuk kantor BK padahal banyak juga tuh yang nge-gank dan kesana-kesini bareng ganknya. Mungkin karena kita anak-anak kelas unggulan makanya wali kelas dan guru BK gue dulu perlu mengawasi kita ekstra ketat biar prestasi kita gak malu-maluin. Tapi tragedi dipanggil guru BK gak menyurutkan semangat kita buat ngumpul-ngumpul atau nongkrong bareng-bareng tuh. Tipikal anak-anak remaja banget deh yang semakin dilarang, semakin semangat cari celahnya. Hal ini juga yang menguatkan pamor kita sebagai gank cewek-cewek kelas unggulan yang centil dan ‘badung’  sehingga terkenal seantero sekolah. Yoi kan, eksis abis!



Kiri ke kanan: Gue, Desi, Arinda, Rima, Henny


Jalan-jalan ^^


Selama hampir 11 tahun kita sahabatan pastinya kita saling kenal luar dalem sampe ke kentut-kentutnya. Gimana gak kenal sampe kentut-kentutnya coba kalo tiap ngumpul dan ngegossip tiba-tiba ada bunyi atau bau misterius menyergap idung. Kadang bunyinya keras tanpa tedeng aling-aling, kadang baunya doang yang menelusup pelan-pelan di sela-sela obrolan. Wakakakak. Pokoknya udah gak ada gengsi-gengsian deh di antara kita. Arinda yang paling sering menjadi tersangka utama berkilah kalo lo belom dikentutin sahabat lo, berarti lo belom bener-bener sayang sama dia. Dipikir-pikir bener juga sih kata-kata Arinda, ga mungkin kan lo lagi ngobrol-ngobrol terus dengan watadosnya kentut sambil ketawa terbahak-bahak. Lo bakal berani nunjukin kebusukan lo yang terdalam cuma sama orang-orang yang paling lo sayang dan yang lo yakini mereka sayang sama lo apa adanya. Gak perduli suara kentut lo senyaring toa masjid atau sebau telor busuk, kalo bener-bener sahabatan dan saling sayang mah woles aja. Wong percaya seratus persen kalo sahabat-sahabat lo gak akan ngebocorin aib lo ke gebetan lo. Rahasia terjamin! :p

Back to Red-A, selepas SMP kita sekolah di SMA yang beda-beda. Cuma gue, Arinda dan Heni yang sekolah di sekolah yang sama. Karena berbagai kesibukan di SMA yang seabrek dan kita punya temen-temen baru juga otomatis intensitas acara ngumpul-ngumpul kita jauh berkurang. Apalagi pas kita lulus SMA dan ngejalanin kehidupan masing-masing.  Susah banget kayaknya ngumpul lengkap berlima. Tapi walaupun jadi jarang ngumpul, hal itu gak berhenti bikin kita menganggap satu sama lain sahabat. Karena tiap ngumpul kita tetep ngerasa kayak dulu, tetep seheboh dulu, tetep seneng makan banyak kayak dulu, tetep seru kayak dulu jaman-jamannya kita masih pitik. Cuma umur, lingkar dada dan kecantikan doang kok yang bertambah semakin banyak dari waktu ke waktu,  jiwa muda kita sih tetep sama primanya kayak waktu SMP kalo lagi ngumpul bareng-bareng. Gak berubah sedikitpun karena… We are forever young! Cieehhhh…

Beberapa hari yang lalu kita ketemu lengkap berlima setelah 1,5 tahun gak ketemu. Hah, kemana aja hei 1,5 tahun gak ketemu?? Gue sih masih bolak-balik Bandung-Bekasi, sementara Heni dan Desi sibuk kerja, Rima sibuk jadi super Mom dan Arinda sekolah di Jepang. Banyak juga perubahan yang terjadi setelah 1,5 tahun kita nggak ketemu (kecuali perubahan status kemahasiswaan gue yee). Desi, selain pindah kerjaan dan sekarang menjadi mbak-mbak teller di Bank pemerintah semakin ngefans sama SUJU sampai pada taraf kronis. Heni, si single yang masih kaya bocah  di umur ke 24 dan bercita-cita ta’arufan sekarang udah jadi akuntan yang masih giat mencari kerjaan laen di job fair. Arinda sekarang masih harus balik lagi ke Jepang buat sekolah dan bakal balik lagi ke Indonesia bulan April taun depan. Sementara Rima dan pacarnya yang udah pacaran kurang lebih 11 tahun juga, seumuran sama umur persahabatan kita, sekarang udah nikah. Menghasilkan seorang bidadari kecil berumur 20 bulan yang takut banget ngeliat Heni. Mungkin karena aura Heni yang angker kayak kuburan Cina makanya tu bocah nangis mulu kalo digodain sama Heni. Coba deh diruqiyah hen biar aura lo positif! wakakakakak 


Ini hasil nge-eksis kita kemaren...




Hemm… Kayaknya seru banget ya cerita persahabatan gue dan Red-A. Tapi sebenernya banyak juga sandungan-sandungan kecil dalam persahabatan kita. “Bete bete bete ah” dan “basi basi basi lo” udah pasti ada dalam persahabatan kita. Tapi itu semua tergantung kita gimana ngadepinnya dan gimana cari cara penyelesaiannya. Kalo gue sih menganut paham jangan dua-duanya marah. Maksudnya kalo sahabat gue marah duluan sama gue, sebener apapun gue pada kenyataannya, gue akan minta maaf dan ngebaik-baikin dia. Ntar kalo dia nya udah reda marahnya baru deh diomongin masalahnya dari hati ke hati. Karena biasanya permasalahannya gak jauh-jauh dari misunderstanding doang. Dan satu lagi yang harus lo inget, punya banyak kenalan dan temen itu gampang, tinggal lo senyumin dan ajak ngobrol tentang gadget yang oke, tren operasi plastik di Korea atau harga jengkol di pasar juga dijamin lo udah bisa kenalan atau temenan. Tapi untuk nyari sahabat yang selalu ada dan support lo serta mau bertahan bertahun-tahun dengan segala kekurangan dan kebusukan lo itu nggak gampang. So, respect them! Orang-orang yang bahkan gak punya hubungan darah apapun sama lo, tapi begitu sayang dan care sama kesedihan lo. SETUJU?? (SUJU?? Aakkkkk pacar gue… pacar gue! *suara Desi*). SETUJU woii bukan seSUJU!! Engga? Yaudah gak papa sih, yang penting eksis!


Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar