Rabu, 18 September 2013

Semak Daun Trip (Oktober 2012)






Ini cerita liburan gue ke pulau Semak Daun yang terletak di kepulauan Seribu tahun kemaren. Tulisan ini baru gue posting sekarang karena gue lagi kangen-kangennya pengen mantai, pengen maen aer sambil lari-larian, dan pengen melepaskan ketegangan yang melanda gue akhir-akhir ini karena skripsi, nilai tukar euro yang sedang menggila dan belajar untuk menghadapi tes bahasa Jerman. Selain itu postingan kali ini juga mempunyai tujuan mulia, yaitu untuk membantu menyukseskan trip ke Pulau Seribu berikutnya, yang insya Allah akan diadakan bulan November tahun ini. Sebagai Sales Promotion Girl (tugas yang di delegasikan Bang Andri kepada gue), gue mempunyai beban moril untuk membuat konspirasi liburan ini berjalan menyenangkan, bukan malah mempertakut atau mempersuram teman-teman yang mau ikut. *ter-vickysiasi* hahahaha.   
 
Okey, kembali ke leptop…  

Sebenernya liburan ke pulau Semak Daun ini dipersiapkan untuk reuni bersama temen-temen SD gue. Tapi mendekati hari H, ternyata mereka banyak yang ngebatalin keikutsertaannya dengan berbagai alasan sampai akhirnya yang bener-bener bisa berangkat hanya tersisa lima orang saja : gue, Bang Andri, Aa Jaink, Mas Febi dan Leman. Tadinya gue gak boleh ikut sama Bang Andri karena gue cewek sendiri yang bisa ikut. Mungkin dia kasian kali kalo nanti gue mati gaya di sono karena gue cewek satu-satunya. Tapi gue maksa pengen ikut. Untungnya, Kori, temen SMP gue yang juga pacarnya… ehmm-skip-deh… juga bisa ikut. Lumayan, ada temen cewek buat ke WC bareng dang ngegossip ala emak-emak komplek.    

Singkat cerita, berangkatlah gue bareng sama Bang Andri, Aa Jaink, Mas Febi dan Kori.

Wait a moment… Bang, Aa, Mas… Siapa sih mereka itu??

Ah yaa, mereka adalah temen-temen SD gue yang udah gue anggep kayak kakak sendiri. Maklum, sebagai anak perempuan pertama gue ngebet banget pengen punya kakak cowok. Dan di diri merekalah sosok kakak cowok itu gue temuin. Bersama mereka gue ngerasa selalu dilindungin dan dijagain, bisa curhat serta ngadu kalo ada masalah sama cowok (dan selalu dibelain. hahaha), plus bisa diskusi apa aja dari masalah musik, hidup sampe politik. Pokoknya mereka mereka memenuhi kriteria sosok kakak cowok yang gue impi-impikan lah karena selalu melindungi dan mengayomi (udeh kaya polisi, melindungi dan mengayomi masyarakat. hehehe).

Dan karena gue punya kebiasaan ngasih panggilan-panggilan ‘istimewa’ kepada orang-orang terdekat gue, jadilah panggilan Abang, Aa dan Mas itu disandang oleh mereka. Hobby gue ngasih panggilan istimewa kepada orang-orang terdekat gue ini dikarenakan basically gue orang yang gak gampang deket dan percaya sama orang. Tapi sekalinya gue deket dan percaya sama orang, gue akan ngasih tahu mereka kalo mereka ‘beda’ kastanya dari yang laen di hati gue, dengan cara memberi panggilan istimewa.Eciyeehh

Now back to topic yes… Sampe mana kita tadi?

Oh he’euh, Leman kemana? Katanya tadi Leman bisa ikut?

Leman, temen gue yang satu itu membatalkan keberangkatannya di detik-detik terakhir kita mau pergi. Katanya sih harus ke Jogja untuk menghadiri nikahan kakaknya (tapi malah kita temukan di warung kopi tanpa sengaja waktu kita mau berangkat). Leman oh Leman… Teganya dirimu membatalkan janji yang sudah kita ukir bersama… wkwkwkwk (‘wkwkwkwk’ artinya ketawa ngakak, gue juga gak tau kenapa orang ngakak disimbolkan dengan tulisan ‘wkwkwkwk’ … padahal kalo dibunyiin mungkin ‘wekwekwek’, lebih mirip suara bebek daripada suara orang ngakak) #okeygakpenting #janganhiraukan #sekip 

Nur Sulaeman Jaman alias Leman - tersangka utama yang ditemukan di warung kopi


Kita ngumpul di rumah Aa yang jaraknya cuma lima langkah dari rumah gue. Jam 09.30 kita berangkat naek motor menuju Muara Angke. Aa ngebonceng Kori, gue dibonceng si Mas dan Bang Andri ngebonceng ransel gede yang isinya tenda, karpet dan alat-alat masak. Kita bawa tenda dari rumah soalnya pulau Semak Daun adalah pulau kosong, gak ada rumah penduduk apalagi villa, resort dan sejenisnya. Jadi kalo mau nginep di sono ya kudu bawa tenda sendiri. Jam 11.30 kita baru nyampe di Muara Angke karena ada insiden ban bocor. Alhasil kita ketinggalan kapal yang menuju pulau pramuka. Huff… Langsung lemes deh. Secara hari itu gak ada lagi kapal yang bakal menuju ke pulau Pramuka. Tapi untungnya ada kapal yang disewa orang mau ke pulau Pramuka, kita ikut nebeng kapal itu dengan bayar Rp. 35.000 per orang. Selamet... Selamet...

Bete nunggu kapal di Muara Angke

Horre!! Akhirnya dapet kapal juga!!

Kiri ke Kanan : Aa, gue, Mas.  Belakang: tau dah sapa...

Setelah 3 jam perjalanan laut yang menyenangkan dan agak mengocok perut itu akhinya kita sampe di pulau Pramuka. Sampe sana kita istirahat dulu bentar sambil makan nasi padang. Abis itu ke bilik merenung alias toilet (toilet umum di sana ada yang dinamain bilik merenung. hahaha) dan shalat Ashar. Yang bikin betah di pulau ini yaitu pulaunya lumayan bersih. Mungkin karena jadi tempat wisata jadi warganya lebih aware sama kebersihan.

Selesai istirahat dan shalat kita melanjutkan perjalanan ke pulau Semak Daun. Kali ini kita gak naek kapal kayak perjalanan ke Pulau Pramuka, tapi naek perahu motor gitu. Wuaaa... rasanya menyenangkan banget ngebut di tengah-tengah laut, kecipratan air asin dan perih dimata, ngeliat air laut yang masih bersih... moment yang bakalan pengen diulang terus deh... 

Perjalanan dari pulau Pramuka ke pulau Semak Daun cuma sekitar 30 menit. Pas nyampe pulau Semak Daun gue ngerasa gak percaya kalo gue masih berada di Jakarta. Keren banget meeennnn!! Cahaya matahari senja, debur ombak, angin pantai, orang-orang terdekat... Ah, apa lagi yang lebih indah dari itu?! Gue jamin gak nyesel deh lo kalo kesono!







Hari udah mulai gelap... kita langsung buru-buru ngediriin tenda dan nyari ranting pohon buat bikin api unggun. Sempet bingung mau diriin tenda dimana sih, soalnya ada yang lagi camping juga di tengah-tengah pulau (tempat biasa orang diriin tenda). Males aja gitu kalo jadi terlalu rame. Akhirnya kita milih spot yang terluar, bener-bener deket dari bibir pantai. Setelah berjibaku melawan angin pantai yang kenceng banget, tenda kita bisa berdiri tegak. Hufff... waktunya istirahat.

Malemnya kita bikin api unggun (yang rada-rada gagal), masak pop mie (lupa gak beli ikan dulu..hiks) sambil dengerin musik dan santai-santai aja. Karena di sana gak ada listrik, jadi cahaya yang ada cuma dari api unggun, bulan, hape dan senter aja. Suasananya tenang dan nyatu banget dengan alam. Cocok deh untuk orang-orang yang biasa sibuk sama hiruk pikuk kota metropolitan atau mahasiswa-mahasiswi yang mumet karena skripsi. Aishhhh gue banget... hahahaha

Satu lagi yang gak terlupakan pas berlibur di pulau ini yaitu bintang jatuh. Yes, gue ngeliat fenomena bintang jatuh yang gue kira cuma terjadi di pilem doang. Jadi ceritanya abis makan, gue nemenin Mas yang lagi ngerokok di dermaga. Gue rebahan sambil ngeliatin bintang. Setelah rokoknya abis, Mas Febi ikut rebahan di sebelah gue. Kita ngobrol ngalor ngidul sambil terus natap langit.

Gue: Bintangnya bagus banget ya Mas..
Mas Feb: Iyaa. Keliatan jelas, soalnya gak ada lampu-lampu kayak di kota.
Gue: Ada bintang jatuh gak ya?
Mas Feb: Ya gak tau deh... Emang kamu mau minta apaan?
Gue: Gak mau minta apa-apa juga... kan bikin permohonan gak harus nunggu ada bintang jatuh dulu...

Baru aja kalimat gue selesai, kita berdua langsung teriak sambil nunjuk langit, "BINTANG JATUH!". Momen sepersekian detik itu langka banget kan? Apalagi bagi yang tinggal di kota besar macam Jakarta yang polusi cahayanya parah banget. Belom lagi manusia metropolitan yang selalu sibuk sama kerjaan (dan gadget di waktu senggangnya) gak bakal kepikiran buat nengok langit barang sebentar aja mungkin. That's why I feel lucky... It's so romantic beautiful you know?! Udeh kayak di pelem Meteor Garden dah...

Dermaga. TKP melihat bintang jatuh.


Paginya, abis shalat subuh kita langsung maen-maen di pantai sambil narsis-narsisan. Berenang, maen pasir, muterin pulau yang segede upil itu dan makan pop mie (lagi). Setelah puas dan capek maen-maen kita mandi di WC umum. FYI: kalo lo mau mandi, pipis or pup, lo harus nimba air dari sumur yang ada di deket WC. Airnya asin dan licin gitu, maklum sumur di deket laut. Tapi kalo lo mau air yang tawar lo bisa beli di situ satu dirigen gedenya Rp. 5000.


Apa liat-liat??

Bergaya dulu :p
Kiri-Kanan: Kori, Aa, Bang Andri, Gue, Mas Feb

Tenda kita deket banget dari pantai...

Ada bule nyasar!


Jam 10an kita di jemput sama perahu boat yang kemaren membawa kita ke pulau Semak Daun. Kita menuju pulau Pramuka dan nyampe sana kita langsung nyari makanan layak setelah sehari semalem cuma makan pop mie doang. Setelah makan dan shalat Dzuhur kita naek perahu menuju Muara Angke. Ongkosnya sama kayak pas perginya, cuma kali ini kita gak jadi 'penumpang gelap' tapi penumpang dengan tiket resmi. :p

Pokoknya ya, liburan ke pulau Semak Daun ini recomended banget deh buat lo makhluk sibuk yang gak punya banyak waktu tapi pengen dapetin suasana pantai yang oke atau buat yang kantongnya mahasiswa kayak gue. Karena sehari semalem di sono gue cuma ngabisin duit Rp. 200.000. Murah banget kan! Dan yang paling penting, duit segitu sebanding sama apa yang lo dapet. Pantai putihnya, senjanya, air lautnya yang bening... Ahhh! I promise u will fall in love there with the island! Do not belive in me? Check our video here. Lalu, pergi ke sana dan buktikan! ^^


Cheers!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar