Tulisan gue kali ini terinspirasi
sama kejadian yang gue alamin beberapa minggu lalu. Waktu itu gue jalan-jalan
ke mall di Bandung dan mampir ke toko buku Big Mountain (nama disamarkan) buat
beli kartu pos. Karena setelah keliling-keliling di bagian stationery gue gak
nemu juga tuh kartu pos, gue nanya sama pramuniaga di toko itu. Mungkin karena
si pramuniaga masih baru (masi pake seragam training putih-item) dia juga gak
tahu tempatnya. Lalu si pramuniaga training ini bertanyalah kepada rumput yang
bergoyang, eh salah… maksudnya bertanya sama kasir yang gak jauh dari tempat
kita berdiri. Dan jawaban si kasir bikin gue kaget.
“Kartu pos? Teu aya kartu pos di dieu mah. Hiiiiihhhh…Geus teu usum
kitu ayeuna kartu pos mah!” (Kartu
pos. Gak ada kartu pos di sini mah. Hih,
udah gak musim gitu sekarang kartu pos mah!) Si kasir ngomong kayak gitu dengan
suara yang kenceng dan nada ngejek.
Gue yang berada gak jauh dari
situ otomatis ngedenger jelas apa yang dikatakan si kasir walau kasir itu
ngomongnya sama pramuniaga. Dan gue yakin dia juga nyadar kalo dengan jarak gue
yang sedeket itu, gue pasti bisa ngedenger omongan dia. Pramuniaga yang tadi
nanya ke kasir itu langsung balik badan minta maaf dan bilang sama gue kalo di
toko bukunya gak ada kartu pos dan gue disuruh coba nyari di toko buku lain
yang ada di lantai bawah mall itu sambil senyum gugup. Mungkin dia malu sama
gue atas kejadian itu.
Sebenernya gue sempet emosi juga
ngedenger kata-kata ntu kasir. Tadinya gue mau timpalin omongannya saat itu
juga. Gue salah apa coba nanyain kartu pos di toko buku? Kalo gue nanyain tang, obeng
atau celana dalem model g-string di toko buku mungkin dia boleh jawab
pertanyaan gue dengan sinis. Atau kalo dia mau nendang pantat gue keluar dari toko
buku itu juga gue rela. Tapi karena si pramuniaganya minta maaf dan tetep sopan
gue tahan-tahan kagak ngomong apa-apa dan pura-pura gak denger.
Kebiasaan gue kalo nemuin atau
ngalamin sebuah kejadian yang bikin gue heran, ngebuat gue ngerasa annoying atau
penasaran gitu pasti aja gue kepikiran. Kepikirannya bukan karena sebel sama
sikap negative kasir itu ke gue. Tapi kepikiran kenapa sih tuh orang bisa kaya
gitu. Gue gak mau ngeliat suatu tindakan itu dari benar atau salahnya dulu,
melainkan dari kenapa, bagaimana dan apa sebabnya. Pemikiran ini lah yang
selalu gue usahain untuk gue terapkan dalam situasi apapun setelah gue mulai
intens belajar psikologi.
Jadi, pada prinsipnya kita gak boleh ngejudge seseorang kalo dia salah,
tapi lebih fokus kepada penyebab kesalahan, atau tindakan yang di luar
keharusan atau kepatutan itu. Seperti pribahasa kalo gak ada api nggak akan
ada yang bakar sampah, eits… ngaco! Yap, kalo gak ada api, gak akan ada asap.
Kenapa sih dia bisa kayak gitu?
Apa sabab seseorang bisa bereaksi seperti itu? Bukannya udah seharusnya ya di
posisi dia sebagai pegawai toko buku bersikap ramah sama pelanggannya?
Then I think globally… gak cuma
si kasir itu doang kok yang kayak gitu. Banyak di sekitar kita, bahkan mungkin
kita sendiri yang kadang suka ngeremehin, nyinyir atau bersikap gak ramah sama
orang lain. Di kehidupan sehari-hari, di sosmed, sama orang yang dikenal deket,
atau sama orang yang bahkan namanya aja kita nggak tau kadang kita bereaksi
negative kayak gitu. Dan ini lah alasan-alasan
yang gue temuin kenapa si kasir (dan kita) suka banget nyinyir sama orang,
ngeremehin apa yang orang perbuat, atau besikap nggak ramah kayak gitu.
Ihhh… masalah omongan dua kalimat
kayak gitu aja digede-gedein deh lo!
No, it isn’t only about the sentences. Tapi tentang attitude. Dan
kalo kita ngomongin attitude, berarti kita ngomongin masalah otak dan hati.
Kalo kita ngomongin masalah otak dan hati, berarti kita ngomongin masalah
kepribadian. Kalo kita ngomongin masalah kepribadian berarti kita ngomongin faktor-faktor
pembentuk kepribadian itu sendiri, yaitu IQ, EQ, pendidikan, norma-norma yang
di anut, pengalaman dan sebagainya. Hal kayak gitu lo angep sepele? Buka mata
dan pikiran lo lebar-lebar!
Gini deh, sebagai contohnya, coba
kita analisis kata-kata kasir tadi. Dia bilang “Hiiihhhh… Udah gak musim
sekarang kartu pos mah!” Fakta pertama: yes, jaman sekarang kartu pos emang udah
nggak banyak yang lirik karena pamornya tergantikan sama email, sms atau segala
macam bentuk aplikasi chatting di smart phone. Fakta ke dua: Masih ada
orang-orang yang ngoleksi kartu pos dari berbagai daerah atau negara. Fakta ke
tiga: Banyak orang-orang di belahan bumi lain menanti seseorang mengirim
sesuatu yang lebih nyata seperti kartu pos, karena rasanya jelas berbeda dengan
dapet email.
Terus apa hubungannya?
Hubungannya adalah, kalo kasir itu tahu fakta nomer 2 dan nomer 3, menurut lo
mungkin ga dia ngomong kayak gitu? Ya, gak mungkin. So, sebenernya kebanyakan
orang sinis sama hal-hal yang gak dia tahu dan gak paham. Karena semakin banyak
yang dia tau dan ngerti, dia akan makin sadar kalo banyak yang gak dia tau.
Jadinya gak sotoy! Orang-orang sotoy
adalah orang yang sebenernya gak ngerti apa-apa. Get it?
Faktor laen yang menyebabkan
orang sinis, suka nyinyirin orang, suka ngeremehin orang sih masalah emosi dan
psikologi ya. Tergantung intensitasnya dan tingkat keparahannya juga. Kalo cuma
sekali-sekali bisa jadi dia lagi PMS, tapi kalo
keseringan dan kadarnya parah mungkin dia punya ‘luka psikis’ yang dia
sendiri gak nyadar. Luka psikis ini yang menurut gue lebih bahaya daripada luka
fisik keserempet becak. Karena luka psikis sangat mempengaruhi kepribadian,
attitude dan cara pikir orang yang akhirnya mempengaruhi hidupnya secara
keseluruhan. Panjang deh ah kalo dijabarin, entar aje ye kapan-kapan bahas
masalah ini. Ieu geus panjang teuing… Intinya mah jangan jadi orang yang picik
dalam melihat suatu hal, terus belajar tiap hari karena banyak hal di luar sana
yang kita gak tau, semakin banyak lo
tahu dan belajar, lo bakal semakin wise dan dapet nilai UAS yang bagus.
Dan semakin lo wise, kata-kata yang keluar dari mulut lo semakin gak akan sembarangan. Be nice, gak ada salahnya kan?
Cheers!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar